Rabu, 17 Februari 2010

Pengertian Komunikasi Dalam Organisasi

1 Komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau “common” dalam bahasa Inggeris yang berarti ‘sama’
2 Berkomunikasi berarti kita berusaha mencapai kesamaaan makna, “commones”
3 Dengan berkomunikasi kita mencoba berbagi informasi, gagasan, atau sikap kita dengann partisipan lainnya.

Menurut Ahli
• The Liang Gie; komunikasi adalah penyampaian warta yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain.
• Drs. A. W. Widjaya; komunikasi adalah hubungan kontak antar manusia baik secara individu dan golongan
• Gibson, dkk; komunikasi adalah peralihan informasi dan pemahaman melalui penggunaan simbol verbal dan/atau non verbal.

Menurut Steward L. Tubbs dan Syluta Moss, terdapat tiga model komunikasi;
1. model komunikasi linear (one-way-communication)  bersifat menolong.
2. model interaksional (two-way-commucation) bersifat dua earah dan ada dialog
3. model transaksional

Pengertian Komunikasi Organisasi

• Goldheber; arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergabung satu sama lain.
• Wirganto(2005): pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi.

Unsur-Unsur Komunikasi

1. pengirim warta/sumber/pembaca
2. warta/keterangan/buah pikiran/ide
3. penerima/audience (komunikan)
4. media/alat atau sarana untuk menyampaikan tujuan
5. tujuan
6. hasil

Peranan Komunikasi

Komunikasi berperan dalam menentukan terwujudnya sistem bekerja yang dinamis dan tidak kaku antara pimpinan dan bawahan, baik secara vertikal maupun horisontal.
Jadi komunikasi adalah merupakan arus tata hubungan yang harus berlangsung secara timbal balik berupa pemberian waktu, berita, laporan, pertanggung jawaban, dll.

Azas Pokok Komunikasi

menurut Geoffeey Mills dan Oliver Standingfort, azas pokok komunikasi adalah sbb:
a. komunikasi berlangsung antara pikiran seseorang dengan pikiran orang lain
b. orang yang bisa mengerti sesuatu hal dengan menghubungkan pada suatu hal lain yang telah dimengerti.
c. Orang yang melakukan komunikasi mempunyai suatu kewajiban untuk membuat dirinya dimengerti
d. Orang yang tidak mengerti dan menerima warta yang mempunyai suatu kewajiban untuk meminta suatu penjelasan.

0 komentar:

Posting Komentar